ads1

Senin, 05 Mei 2014

EFEKTIVITAS ORGANISASI

SATUAN PELAKSANA PENANGGULANGAN BENCANA
DAN PENANGANAN PENGUNGSI
KABUPATEN KEBUMEN









Oleh :
WITOJO PRIJO LAKSONO
NIM : P2FB01023




Diajukan Untuk Menyusun Tesis pada Program Studi

Ilmu Administrasi Publik Program Pascasarjana

Universitas Jenderal Soedirman






PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
PURWOKERTO
2005
DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul ...................................................................................................... i
Halaman Pengesahan ............................................................................................ ii
Halaman Pernyataan ............................................................................................. iii
Halaman Persembahan  ......................................................................................... iv
Halaman Motto..................................................................................................... v
Ringkasan.............................................................................................................. vi
Summary............................................................................................................... vii
Kata Pengantar...................................................................................................... vii
Daftar Isi .............................................................................................................. x
Daftar Tabel ......................................................................................................... xi
Daftar Gambar ..................................................................................................... xii
Daftar Lampiran ................................................................................................... xiii
BAB I.  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah ..................................................................... 1
B.     Perumusan Masalah ............................................................................ 15
C.     Tujuan Penelitian ................................................................................. 15
D.     Kegunaan Penelitian ............................................................................ 15
BAB II.  KERANGKA DASAR TEORI
A.     Model Pendekatan Efektivitas Organisasi ............................................ 16
B.     Definisi Konseptual ............................................................................. 25
C.     Definisi Operasional ............................................................................ 25
BAB III.  METODE PENELITIAN DAN ANALISIS
A.     Metode yang Digunakan ..................................................................... 26
B.     Fokus penelitian .................................................................................. 26
C.     Lokasi Penelitian dan Obyek Penelitian ............................................... 27
D.     Sasaran Penelitian ............................................................................... 27
E.      Teknik Pengumpulan Data .................................................................. 27
F.      Teknik Pemilihan Informan .................................................................. 28
G.     Analisa Data ....................................................................................... 29
H.     Validitas Data ..................................................................................... 30
BAB IV.  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Deskripsi Hasil Penelitian .................................................................... 33
B.     Profil Organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana
dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) Kabupaten Kebumen ........... 37
C.     Tahap Penanggulangan Bencana .......................................................... 50
D.     Perlengkapan, Biaya dan Pelatihan ...................................................... 57
E.      Analisis dan Interpretasi Data .............................................................. 59                                  
BAB V.  KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan ........................................................................................ 65
B.     Saran ................................................................................................. 66
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL


Tabel                                                                                                                       Halaman

1.      Data Banyaknya Bencana, Korban dan Kerugian Di Indonesia ................................... 2
2.      Data Lokasi Bencana Banjir dan Kerugiannya Tahun 2001.......................................... 5
3.      Data Lokasi Bencana Tanah Longsor dan Kerugiannya Tahun 2001............................ 6
4.      Data Lokasi Bencana Alam Banjir dan Kerugiannya Tahun 2002................................. 7
5.      Data Lokasi Bencana Alam Tanah Longsor dan Kerugiannya Tahun 2002................... 8
6.      Data Lokasi Bencana Alam Angin Topan dan Kerugiannya Tahun 2002...................... 9
7.      Data Lokasi Bencana Alam Banjir dan Kerugian  31 September 2003......................... 10
8.      Data Lokasi Bencana Alam Tanah Longsor dan Kerugiannya                                   per 31 September 2003           11
9.      Data Lokasi Bencana Angin Topan Longsor dan Kerugiannya                                      per 3 September 2003         12
10.  Daftar Tabel Luas Wilayah Kecamatan dan Banyaknya Desa/Kelurahan            Tahun 2002            34
11.  Jumlah Penduduk dan Rata-Rata Penduduk................................................................ 36
12.  Data Alat/perlengkapan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kebumen 2003............. 58
13.  Data Dana Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Kebumen................................ 59
14.  Jumlah Peserta Pelatihan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana                            Tahun 2003     59




















DAFTAR GAMBAR




Gambar                                                                                                                   Halaman

  1. Tiga Perspektif Efektivitas..................................................................................... 20
  2. Sebab Efektivitas.................................................................................................. 21
  3. Analisis Interaktif.................................................................................................. 30
  4. Bagan Struktur Organisasi Satlak Penanggulangan Bencana                           (Satlak PB) Kabupaten Kebumen 46



 





























KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, melimpahkan taufik dan hidayah-Nya sehingga dapat tersusun tesis ini dengan judul “Efektivitas Organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen” yang merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana S2 Program Studi Magister Administrasi Publik Pasca Sarjana Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
Organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) mempunyai peranan yang strategis dalam mengatasi bencana yang terjadi sewaktu-waktu sehingga dapat memperkecil kemungkinan adanya korban.
Namun demikian, penulis menyadari bahwa dalam penyusunan tesis ini masih banyak kekurangannya, pepatah menyatakan “tiada gading yang tak retak” tiada sesuatu hasil karya manusia yang tidak lepas dari kekurangan maupun kekeliruan.  Yang perlu kita sadari bahwa tiada sesuatu usaha yang besar tanpa diawali dari usaha yang lebih kecil.
Tesis ini dapat tersusun berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, oleh karena itu perkenankanlah penulis ucapkan terima kasih kepada :
  1. Bapak Drs. Andi Antono, M.si. selaku dosen pembimbing I.
  2. Bapak Drs. H Bahtarudin, M.si. selaku dosen pembimbing II
  3. Bapak Dr. P. Irawan Setyoko, M.S. selaku dosen penguji
  4. Ibu Dra. Wahyuningrat, M.si. selaku dosen penguji
  5. Ibu Bupati Kebumen yang telah memberikan kesempatan belajar di MAP Unsoed Purwokerto
  6. Bapak Wakil Bupati Kebumen selaku pelaksana harian dan segenap anggota Satlak PBP Kabupaten Kebumen
  7. Semua pihak yang telah membantu penulis baik moril maupun materiil yang tidak dapat disebutkan satu persatu
Harapan penulis semoga amal baik bapak serta ibu yang telah membantu penulis mendapat imbalan yang lebih dari Allah SWT.
Akhirnya, walaupun tesis ini masih jauh dari sempurna, semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan.

Purwokerto, 16 Agustus 2004


Penulis




 







TESIS

EFEKTIVITAS ORGANISASI

SATUAN PELAKSANA PENANGGULANGAN BENCANA
DAN PENANGANAN PEGUNGSI
KABUPATEN KEBUMEN



Oleh :

Witojo Prijo Laksono

NIM : P2FB01023



Telah dipertahankan di depan Tim Penguji
Pada tanggal 16 Agustus 2004



  1. Drs. Andi Antono, M.Si                     : ……………………………..
Pembimbing I / Penguji                
  1. Drs. H Bahtarudin, M.Si                   : ……………………………..
Pembimbing II / Penguji
  1. Dr. P. Israwan Setyoko, M.S            : ……………………………..
Penguji
  1. Dra. Wahyuningrat, M.Si                  : ……………………………..
Penguji


Purwokerto,                 2004
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

Direktur                                                                        Ketua Program Studi
         Ilmu Administrasi Publik




Dr. Ir. Sudjarwo                                                     Dr. P. Israwan Setyoko, M.S

NIP. 130529551                                                     NIP. 131569009
PERNYATAAN KEASLIAN TESIS


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : WITOJO PRIJO LAKSONO

NIM                      : P2FB01023
Program Studi      : Pascasarjana Ilmu Administrasi Publik

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa dalam tesis ini merupakan hasil karya saya dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah di tulis orang lain kecuali secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.





Purwokerto,……………2005
Yang membuat pernyataan



Witojo Prijo Laksono

 



PERSEMBAHAN
















Perkenan dari Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya
Kupersembahkan karya ini
untuk :



Istriku Hj. S. Umi Daryati, dan Anak-Anakku
Agung Wisnu Yudhiatmiko, SE
Banjar Pamungkas Widyatmoko, SH








Motto



















Dan hendaklah kamu menyembah-Ku (Allah SWT).
 Inilah jalan yang lurus
(Al Qur’an Surat Yaasiin : 61)

 






















RINGKASAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisa tingkat efektivitas organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi atas permasalahan yang berkaitan dengan bencana dan penanganan pengungsi. Dengan harapan dapat memberikan sumbangan Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam Pemberdayaan Organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen secara optimal.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisa hasil wawancara, data primer dan sekunder yang tersedia di Sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen.
Hasil penelitian dan analisis variabel efektivitas menunjukkan bahwa Organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) Kabupaten Kebumen dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam upaya penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di Kabupaten Kebumen telah melaksanakan sesuai yang direncanakan sehingga cukup efektif.
Dari hasil penelitian ini, diberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan kinerja organisasi Satlak PBP dan peningkatan pelayanan yang cepat dan tepat, beberapa saran dapat dikemukakan sebagai berikut : (1) perlunya penambahan alat komunikasi guna mempercepat arus komunikasi atau pelaporan bila terjadi bencana khususnya di wilayah yang rawan bencana, (2) di dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan perlu ada pelatihan/ketrampilan bagi anggota Satuan Perlindungan Masyarakat maupun anggota Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi, (3) perlu koordinasi secara berkala guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.
Penelitian ini mempunyai beberapa keterbatasan, yaitu penelitian ini menggunakan asumsi bahwa responden memahami kondisi organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi, dimana responden menjadi anggota Satlak PBP Kabupaten Kebumen


Kata Kunci : Efektivitas, Organisasi, Penanggulangan, Bencana, Pengungsi


 









SUMMARY


 This Research aim to know, to studying and analysing organizational effectiveness storey Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP). Result of this research serve the purpose of recommend for problems  related to disaster and refugee handling. On the chance of can give the Governmental contribution of Regency Kebumen in Organizational Enableness of Satlak PBP of Regency Kebumen in an optimal fashion.
 Research method used by descriptive research method qualitative with analysing result of interview, data of available and sekunder primary in Secretariat of Satlak PBP of Regency Kebumen.
 Result of research and analyse the effectiveness variable indicate that the Organization Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) Regency Kebumen in running duty and its function in the effort overcoming of disaster and refugee handling in Regency Kebumen have executed as planned so that enough is effective.
 Than this research result, is given by a recommendation to be optimal of organizational performance Satlak PBP and make-up of service which quickly and precisely, some suggestion can be opened as follows : (1) the importance of addition of communication means utilize to quicken the current of communications or reporting if/when happened by the disaster specially in region which disaster gristle, (2) in improving performance and service need there is training / skilled for member Set of Protection of Society and also member Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi, (3) periodical coordination need utilize to anticipate the possibility of the happening of disaster.
 This research have some limitation, that is this research use the assumption that responder comprehend the organizational condition Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi, where responder become the member of Satlak PBP of Regency Kebumen


Key words : Effectiveness, Organizational, Overcoming, Disaster, Refugee

 








































BAB I

PENDAHULUAN



A.     Latar Belakang

Bencana, khususnya bencana alam, merupakan fenomena alam, fenomena geologis dan geofisis yang prosesnya tidak dapat dicegah oleh manusia.  Namun fenomena ini dapat diredam dampaknya. Penanganan bencana pada dasarnya ditujukan sebagai upaya untuk meredam dampak dan memperkecil korban jiwa, kerusakan dan kerugian akibat terjadinya bencana, melainkan mencegah dampak, memperkecil dampak sehingga korban dan kerugian dapat diminimalisasi.
Bencana adalah suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam dan atau manusia yang mengakibatkan korban dan penderitaan manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, kerusakan sarana prasarana dan fasilitas umum serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan dan penghidupan masyarakat (Bakornas 1999). Penyebab bencana yang diakibatkan oleh alam antara lain; gunung api, gempa bumi, banjir, angin topan dan lain-lain.  Sedangkan bencana alam disebabkan ulah manusia antara lain kerusakan-kerusakan lingkungan karena limbah industri.
Indonesia merupakan negara yang rawan bencana, hal ini dibuktikan dengan terjadinya berbagai bencana yang melanda berbagai daerah secara terus menerus baik yang disebabkan oleh alam (banjir, gempa bumi, letusan gunung api, badai topan dan lain-lain) maupun bencana yang disebabkan oleh manusia.  Bencana yang terjadi mengakibatkan kerugian baik harta maupun korban jiwa serta kerusakan lingkungan, sarana prasarana, fasilitas umum.
Data yang ada di Bakornas (Suprayitno, 2003:56-57) menunjukkan, berbagai bencana yang terjadi di Indonesia kurun waktu 1996-1997 telah terjadi 991 bencana alam (gempa bumi, tanah longsor, banjir, angin topan, tsunami, kekeringan dan lain-lain) dan 1776 bencana non alam (kebakaran, kecelakaan kapal laut, kereta api, kerusuhan dan lain-lain) sebagaimana tertera dalam tabel 1 di bawah ini :
Tabel 1. Data Banyaknya Bencana, Korban dan Kerugian Di Indonesia
No
Tahun
Frekuensi
Korban
Jumlah Penderita (org)
Kerugian (Rp)
Bencana alam
Bencana non alam
Meninggal
Luka-luka
1
1996-1997
991
1776
996
442
1.537.213
-
2
1997-1998
368
753
-
-
484.163
242.850 M
3
2000
57
16
541
-
40.005
1,541 Trilyun
4
2001
87
46
165
159
-
79,21 M
Sumber : Bakornas
Penanggulangan bencana khususnya penyelamatan akibat bencana alam dan bencana lainnya merupakan tugas nasional yang harus dilaksanakan secara terkoordinasi oleh berbagai pihak yang perlu dimantapkan.  Melalui peningkatan kemampuan organisasi kualitas sumber daya manusia, manajemen serta sarana dan prasarana agar mampu menyelenggarakan bantuan penyelamatan dengan cepat dan tepat.
Kabupaten Kebumen merupakan daerah yang rawan bencana alam utamanya adalah tanah longsor yang meliputi 11 kecamatan, yaitu : Ayah, Buayan, Rowokele, Sempor, Karanggayam, Karangsambung, Poncowarno, Padureso, Sadang, Sruweng dan Alian.  Adapun untuk rawan  banjir meliputi delapan kecamatan yaitu : Ayah, Kuwarasan, Adimulyo, Puring, Bonorowo, Mirit, Prembun, dan Kebumen. Sedangkan empat kecamatan rawan bencana angin topan yaitu : Ayah, Sempor, Karanggayam dan Sadang. Terjadinya berbagai bencana yang melanda Kabupaten Kebumen baik yang disebabkan oleh faktor alam (banjir, tanah longsor) maupun faktor non alam (ulah manusia) kebakaran hutan, mengakibatkan penderitaan bagi masyarakat baik berupa korban jiwa manusia maupun kerusakan lingkungan.
Tahun 2001 Kabupaten Kebumen terjadi bencana banjir pada 16 kecamatan meliputi 144 desa dengan korban manusia satu orang meninggal dunia, kerusakan sawah 1759 Ha, tegalan 3398 Ha, jalan 120 meter, tempat ibadah satu buah, sekolah 73 buah rumah rusak berat 13 buah, rumah rusak ringan 33 buah dan rumah yang hancur 3 buah dengan kerugian sebesar Rp. 10.148.369.950,00 Rincian selengkapnya dilihat pada tabel 2. 
Bencana tanah longsor tahun 2001 pada 12 kecamatan meliputi 60 desa dengan korban dan kerusakan sebagai berikut ; korban manusia meninggal dunia 12 orang serta luka parah 2 orang, sawah 82 Ha, tegalan 70 Ha, jalan 895 meter, jembatan 20 buah, tempat ibadah 4 buah, sekolahan 4 buah, rumah rusak berat 196 buah, rumah hancur 121 buah, dan rusak ringan sebanyak 1368 buah dengan kerugian Rp. 14.602.240.000,00. Secara rinci dapat dilihat pada tabel 3
Pada tahun 2002 bencana alam bencana alam banjir menimpa Kabupaten Kebumen pada 5 kecamatan meliputi 23 desa dengan kerusakan antara lain ; sawah 389,25 Ha, jalan 479 meter, jembatan 4 buah, rumah rusak berat 3 buah dan rumah hancur 1 buah dengan total kerugian Rp 338.000.000,00. Untuk jelasnya rinciannya tercantum pada tabel 4.
Bencana tanah longsor untuk tahun 2002 terjadi di Kabupaten pada 5 kecamatan meliputi 13 desa dengan korban dan kerusakan ; meninggal dunia satu orang, luka parah satu orang, jalan 240 meter, rumah rusak berat 15 buah, rumah hancur 2 buah dan rumah rusak ringan 39 buah.  Total kerugian sebesar Rp 624.000.000,00 Secara rinci dapat dilihat pada tabel 5.
Bencana angin topan tahun 2002 menimpa 3 kecamatan meliputi 5 desa di Kabupaten Kebumen dengan kerusakan antara lain; rumah rusak berat 9 buah, rumah rusak ringan 24 buah serta kerugian keseluruhan Rp 44.150.000,00.  Untuk jelasnya dilihat pada tabel 6
Tahun 2003 bencana alam banjir yang tercatat sampai dengan tanggal 31 September 2003, terjadi pada 10 kecamatan, yang meliputi 46 desa dengan kerusakan antara lain; sawah 1365,5 Ha, jembatan 3 buah, jalan 1000 meter dan rumah rusak ringan 23 buah.  Total kerugiannya adalah Rp 2.952.600.000,00. Data selengkapnya ada pada tabel 7
Bencana tanah longsor yang tercatat sampai dengan tanggal 31 September 2003, menimpa 12 kecamatan yang meliputi 21 desa sebagai korban dan kerusakannya antara lain; luka parah satu orang, jalan 305 meter, jembatan 5, rumah rusak berat 38 buah, rumah hancur 4 buah dan rumah rusak ringan 50 buah.  Kerugian seluruhnya Rp 1.019.650.000,00.  Data secara rinci ada pada tabel 8.

Memperhatikan tingkat kerusakan akibat bencana, khususnya bencana alam (banjir, tanah longsor, angin topan) seperti yang tercantum pada tabel 2 sampai 8 maka dibutuhkan penanganan yang optimal oleh Satlak PBP.  Penanganan bencana dan pengungsi dilaksanakan oleh Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) yang merupakan lembaga non structural yang mengkoordinasikan dan mengendalikan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di Kebumen.
Penanganan bencana oleh Satlak PBP dirasakan belum optimal disebabkan antara lain :
1.      Peringatan dini kemungkinan terjadi bencana dari pemerintah kabupaten belum direspon/menjangkau semua desa/daerah yang rawan bencana.
2.      Laporan terlambat karena alat komunikasi yang belum memadai atau lokasi bencana jauh dari pusat pemerintahan desa, laporan terlambat.
3.      Belum semua instansi/lembaga anggota Satlak PBP yang menangani bencana dapat melaksanakan kegiatannya secara tepat pada saat terjadi bencana.
4.      Pemberian bantuan bagi korban bencana kadang terlambat karena lokasi bencana jauh dan jalan menuju lokasi tidak dapat dilewati kendaraan.
5.      Penanganan pasca bencana belum ditindaklanjuti oleh warga korban bencana, walaupun pemerintah telah membangun / memperbaiki fasilitas umum.
Untuk mengoptimalkan penanganan bencana oleh Satlak PBP maka perlu dukungan organisasi yang mantap dan sarana prasarana yang memadai serta dukungan lembaga pelaksana (anggota) yang proaktif.
Pada dasarnya penanggulangan bencana tidak mungkin dapat dilaksanakan oleh salah satu sektor/instansi/departemen saja, melainkan merupakan kegiatan lintas sektor dan bidang agar dapat dicapai hasil maksimal yang berdaya guna berhasil guna.  Kegiatan ini harus dilaksanakan secara terkoordinasi, tepadu dan terkendali sejak dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.
Dengan demikian untuk menanggulangi bencana diperlukan kegiatan pengorganisasian yang terkoordinir karena melibatkan berbagai instansi (organisasi) pemerintah maupun masyarakat mulai dari pencegahan, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan rehabilitasi akibat bencana. Menurut Pamudji (1977 : 38-39) :
 “Dalam suatu organisasi manapun pekerjaan dibagi-bagi dan dilaksanakan kepada sejumlah unit-unit dan koordinasi yang memadai tidak datang karena kebetulan saja dan perlu kiranya untuk memikirkan secara hati-hati mengenai hubungan horizontal dalam organisasi.”

Terjadinya bencana di Kabupaten Kebumen seperti data pada tabel 2 sampai dengan tabel 8 diatas, penanganannya oleh Satlak PBP dibutuhkan penanganan yang optimal, kecepatan menangani dan meminimalkan korban, disamping karena memang bencana alam datangnya mendadak, sehingga diperlukan koordinasi yang mantap dan pembagian kerja yang tegas.
Dengan demikian penelitian ini dilakukan guna ikut membantu menganalisis organisasi penanggulangan bencana Kabupaten Kebumen yaitu Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) agar efektif sesuai yang diinginkan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen maupun warga masyarakat Kabupaten Kebumen.
B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :
Bagaimana efektivitas organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di Kabupaten Kebumen?
C.     Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis tingkat efektivitas organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen.
2.      Untuk dapat digunakan sebagai rekomendasi atas permasalahan yang berkaitan dengan bencana dan penanganan pengungsi.
D.    Kegunaan Penelitian
1.      Sebagai bahan masukan bagi Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk merumuskan kebijakan dslam penanggulangan bencana dan penangan pengungsi.
2.      Bahan masukan kajian kebijakan publik tentang penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi.


BAB II
KERANGKA DASAR TEORI

A.     Model Pendekatan Efektivitas Organisasi
Menurut Mc Farland (dalam Soewarno, 1980:42) organisasi adalah ”suatu kelompok manusia yang dapat dikenal yang menyumbangkan usahanya terhadap tercapainya suatu tujuan.”  Sedangkan menurut James D Mooney (dalam Djamaludin, Supardan 1997:52) organisasi adalah ”sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk pencapaian suatu tujuan bersama.”  Definisi organisasi menurut  Soewarno (1980:42-43) adalah : ”Perpaduan bagian-bagian yang saling ketergantungan berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, kordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan.”  Menurut Prajudi (1982-77) organisasi adalah : “suatu bentuk kerjasama antara sekeompok orang berdasarkan suatu perjanjian untuk bekerja sama guna mencapai suatu tujuan bersama yang tertentu.”
Dari pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah wahana kegiatan daripada orang-orang yang bekerja sama dalam usahanya mencapai tujuan.  Dalam wahana kegiatan ini setiap orang harus jelas tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, hubunbgan dan tata kerjanya.
Suatu organisasi dikatakan berhasil (tidak berhasil) baik secara operasional maupun dalam pencapaian misi, diukur dengan konsep efektivitas.  Melakukan pengukuran terhadap efektivitas suatu organisasi tidaklah sederhana dan mudah, karena efektivitas dapat ditinjau dari berbagai macam sudut pandang dan sangat tergantung siapa yang menilainya.
Konsep efektivitas pada definisi yang dikemukakan adalah subyektif sebagai contoh bahwa Seorang pelaku bisnis ukuran yang digunakan adalah berapa keuntungan yang didapat dalam investasinya.  Sebuah fakultas ukuran efektivitasnya mungkin dari jumlah lulusan yang mendapat pekerjaan atau melihat kenaikan atau penurunan presentase penerimaan mahasiswa baru.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa agak sulit untuk mendefinisikan konsep organisasi yang bisa diterima semua pihak, karena setiap organisasi mmpunyai karakteristik dan acuan yang berbeda sehingga definisi yang digunakan mampu menjelaskan yang mendasar dan berlaku secara umum dan mudah untuk pengukurannya.
Menurut Richard M Steer (1984 : 45 – 50)  konsep efektivitas ada dua model yaitu :
1.      Model efektivitas yang Univariasi yaitu melekat konsep efektivitas dari sudut terpenuhinya beberapa criteria akhir dengan selalu menggunakan salah satu ukuran sebagai variabel.  Jadi efektivitas organisasi pada model ini adalah sejauh mana organisasi melaksanakan seluruh tugas pokoknya atau mencapai semua sasaran.
2.      Model efektivitas yang multivariasi yaitu konsep efektivitas dengan kerangka tugas yang bervariasi dan menggunakan criteria keseluruhan, jadi efektivitas organisasi pada model ini harus memperhatikan fungsi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Dalam penelitian ini model yang akan digunakan adalah model efektivitas yang univariasi karena mudah dipahami dan mudah pengukuran variabelnya.  Pengukuran konsep akan terlihat pada konsep operasional dan dituangkan pada pedoman wawancara kepada narasumber yang selanjutnya sebagai informasi dan analisis data.
Menurut Campbell (dalam Richard M Steer, 1984 : 45) berbagai ukuran yang digunakan untuk menentukan keberhasilan organisasi dan yang paling menonjol diantaranya adalah :
1.      Keseluruhan prestasi
2.      Produktivitas
3.      Kepuasan kerja pegawai
4.      Laba atau tingkat penghasilan dan penanaman modal
5.      Keluarnya karyawan

Menurut Thorndike (dalam Richard M Steer, 1984 : 45) mengemukakan kriteria efektivitas organisasi adalah :
1.      Produktivitas
2.      Laba bersih
3.      Penyelesaian misi
4.      Pertumbuhan
5.      Stabilitas organisasi

Menurut Goodman dan Penning (dalam Stephen P Robbins, 1994 : 55) mengemukakan kriteria mengenai efektivitas organisasi yaitu :
1.      Efektivitas keseluruhan
2.      Produktivitas
3.      Efisiensi
4.      Tingkat keuntungan
5.      Kualitas
6.      Kecelakaan
7.      Pertumbuhan
8.      Kemangkiran
9.      Pergantian pegawai
10.  Kepuasan kerja
11.  Motivasi
12.  Moral/semangat juang
13.  Kontrol
14.  Konflik
15.  Penyesuaian
16.  Perencanaan dan penetapan tujuan
17.  Konsensus mengenai tujuan
18.  Internalisasi tujuan organisasi
19.  Peranan dan norma
20.  Ketrampilan interpersonal manajerial
21.  Ketrampilan manajerial
22.  Manajemen informasi dan komunikasi
23.  Kesiapan
24.  Pemanfaatan lingkungan 
25.  Evaluasi pihak luar
26.  Stabilitas
27.  Nilai sumber daya manusia
28.  Partisipasi dan pengaruh yang digunakan bersama
29.  Penekanan pada pelatihan dan pengembangan
30.  Penekanan pada performance

Sedangkan menurut Tom Peters dan Robert Waterman (dalam Stephen P Robbins, 1994 : 57) mengemukakan karakteristik untuk mengukur efektivitas organisasi pada perusahaan kelas dunia seperti : Mc Donald, Du Pont dan Proctor and Gamble sebagai berikut :
1.      Organisasi itu mempunyai  bias terhadap tindakan dan penyelesaian pekerjaan
2.      Anggota organisasi selalu dekat dengan para pelanggan agar dapat mengerti secara penuh kebutuhan pelanggan
3.      Organisasi memberi para anggotanya suatu tingkat otonomi yang tinggi dan memupuk semangat kewirausahaan
4.      Organisasi berusaha meningkatkan produktivitas melalui partisipasi anggotanya
5.      Anggota organisasi mengetahui tujuan dan terlibat secara penuh dalam proses pekerjaan
6.      Anggota organisasi paham dan mengerti misi organisasi
7.      Struktur organisasi yang dimiliki adalah ramping, luwes, dan sederhana
8.      Organisasi mengontrol ketat nilai inti organisasi dan di pihak lain mendorong inovasi dan pengambilan keputusan yang luwes
Menurut Gibson, Ivancevich, Donnelly (1996 : 6) suatu organisasi dapat efektif atas tiga tingkat perspektif efektivitas yaitu : tingkat paling dasar adalah efektivitas individual dengan menekankan pada kinerja tugas dari anggota tertentu dalam organisasi, individu jarang bekerja sendiri dalam bentuk isolasi dari rekan lain dalam organisasi sehingga masih diperlukan perspektif lain dari efektivitas yaitu efektivitas kelompok yang secara sederhana adalah jumlah kontribusi seluruh anggota dalam mengerjakan sesuatu kegiatan tertentu.  Perspektif yang ketiga adalah keseluruhan kinerja individu maupun kelompok yang secara sinergi melakukan rangkaian kegiatan pada suatu prestasi tertentu.
Masing-masing tingkat efektivitas dapat dipandang sebagai suatu sebab variabel oleh individu lain (ini berarti sebab-sebab efektivitas) sebagaimana pada gambar berikut ini
Gambar 1.  Tiga Perspektif Efektivitas
 



Gambar 2.  Sebab Efektivitas








Menurut Robbins (1994 : 58) dalam menilai efektivitas suatu organisasi, baik publik maupun privatisasi terdapat sejumlah pendekatan yang digunakan antara lain :
1.      Goal Attainment Approach (pendekatan pencapaian tujuan)
2.      Sistem Approach (pendekatan sistem)
3.      Strategic Constituancies Approach (pendekatan konstituensi strategi)
4.      Competing Values Approach (pendekatan nilai-nilai bersaing)

Pendekatan pencapaian tujuan (Goal Attainment Approach) menurut Charles Perrow (dalam Stephen Robbins 1994 : 58) :
“Keefektifan sebuah organisasi harus dimiliki dari pencapaian tujuannya (ends) daripada caranya (means), termasuk kriteria pencapaian tujuan antara lain adalah memaksimalkan laba membuat pasien sembuh, memaksa musuh menyerah dan sebagainya, kesamaannya adalah semua memperhatikan tujuan (ends).”

Pendekatan pencapaian tujuan mengasumsikan bahwa organisasi adalah kesatuan yang dibuat dengan sengaja, rasional dan mencari tujuan, sehingga pencapaian tujuan yang berhasil menjadi ukuran yang tepat keefektifan organisasi.
Pendekatan lainnya dalam menilai efektivitas suatu organisasi adalah pendekatan sistem (System Approach) Ephrain. Y dan Stainley (dalam Stephen Robbins 1994-64) bahwa menetapkan keefektifan organisasi hanya dari hasil pencapaian tujuan merupakan ukuran yang tidak sempurna.  Organisasi juga harus dinilai berdasarkan kemampuan untuk memperoleh masukkan, memproses, menjelaskan keluaran dan mempertahankan stabilitas serta keseimbangan.
Model pendekatan sistem ini tujuan akhir tidak diabaikan.  Model ini menekankan pada peningkatan kelangsungan hidup berorganisasi dalam jangka panjang, antara lain :
a.       Kemampuan organisasi untuk memperoleh sumber
b.      Mempertahankan organisasi secara internal
c.       Berintegrasi dengan lingkungan eksternal
Sehingga model pendekatan sistem tidak pada tujuan akhir tetapi pada cara yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan akhir.
Menurut Jeffrey, PF dan G, Salau Rih (dalam Stephen Robbin 1994:68) : “Model pendekatan konstitusi strategis (Strategic Constituencies Approach). Organisasi efektif apabila dapat memenuhi tuntutan konstituensi (pemilik/pendukung) yang ada dalam lingkungan organisasi.”
Pendekatan ini sama dengan pendekatan sistem hanya berbeda penekanannya, yaitu pendekatan konstituensi strategi tidak memperhatikan semua lingkungan organisasi, jadi pendekatan ini hanya memenuhi besar tuntutan di dalam lingkungan yang besar mengancam kelangsungan hidup organisasi.
Sedangkan menurut Robert EQ dan J, Rohrbough (dalam Stephen Robbin 1994 : 64) :
“Model pendekatan nilai-nilai bersaing (Competitive Values Approach) adalah keefektifan organisasi diketahui secara menyeluruh jika diadakan identifikasi seluruh variabel utama pada keefektifan kemudian ditentukan variabel-variabel yang saling berhubungan”. 


Menurut H Emerson (dalam Suwarno 1980 : 16) menjelaskan arti daripada efektivitas ialah : “pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.”  Jelasnya bila sasaran atau tujuan telah tercapai sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya adalah efektif.
Dari pembahasan mengenai model maupun perspektif dari konsep efektivitas organisasi, maka selanjutnya untuk lebih mengetahui tingkat efektivitas organisasi yang akan digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan pencapaian tujuan guna mengukur tingkat efektivitas organisasi satu pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen.
Menurut Stephen Robbin (1994 : 58) ; “Sebuah organisasi adalah mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, oleh karena itu tidak heran jika kita jumpai bahwa pencapaian tujuan merupakan kriteria yang paling banyak digunakan untuk menentukan keefektifan”

Organisasi erat hubungannya dengan tugas dan fungsi serta sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan, sehingga pencapaian tujuan merupakan kriteria yang paling banyak digunakan untuk menentukan keefektifan organisasi.
Obyek penelitian adalah organisasi atau Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) maka pengukuran yang akan dilakukan terhadap efektivitas dengan pendekatan tujuan adalah kegiatan organisasi secara keseluruhan dan terpadu.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi menurut Sutarto (1998 : 41) adalah  ;
“Faktor internal meliputi keseluruhan faktor yang berkaitan dengan organisasi itu sendiri dimana didalamnya terdapat sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu sistem saling pengaruh-mempengaruhi.”

5 (lima) faktor yang penting menurut Sutarto (1998 : 196) yaitu :

a.       Perumusan tujuan dengan jelas
b.      Departemenisasi
c.       Pembagian kerja
d.      Koordinasi
e.       Pelimpahan wewenang

Sedangkan menurut Steer (1980) faktor yang mempunyai pengaruh terhadap efektivitas organisasi, adalah faktor kebijakan dan praktek manajemen yang menyangkut kepemimpinan.
Dari dua pendapat tersebut maka faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi yang akan menjadi fokus penelitian adalah :
a. Faktor kepemimpinan
b.      Faktor Pembagian Kerja
c. Faktor Koordinasi
Dari uraian tersebut maka yang menjadi obyek penelitian adalah organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen.  Pengukurannya akan dilakukan dengan konsep efektivitas pendekatan tujuan.  Tujuan organisasi ini adalah kegiatan organisasi secara keseluruhan

B.     Definisi Konseptual
Pada bagian ini diadakan inventarisasi dari variable-variabel yang digunakan dalam penelitian, sehingga dapat diperoleh secara urut dari proses penelitian dan mendefinisikan konsep, memberikan ukuran dalam definisi operasional yang kemudian dimasukkan dalam pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner.
Efektivitas organisasi
Efektivitas organisasi adalah keberhasilan organisasi Satlak PBP dalam menjalankan fungsinya sesuai tujuan yang direncanakan untuk melakukan penanggulangan bencana yaitu meliputi, pencegahan sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana dan sesudah terjadi bencana.
C.     Definisi Operasional
Menurut Masri Singarimbun dan Sofian Effendi (1989 : 46) definisi operasional adalah suatu informasi ilmiah yang memberitahukan bagaimana caranya mengukur suatu variabel. Definisi operasional untuk mengukur konsep dalam penelitian sosial terhadap permasalahan yang abstrak sehingga untuk memperoleh kejelasan, sehingga semacam etunjuk untuk mengukur variabel.
Ukuran tingkat efektivitas organisasi :
1.      Tingkat pengetahuan anggota terhadap tujuan organisasi
2.      Tingkat pemahaman anggota terhadap tujuan organisai
3.      Tingkat upaya anggota untuk mencapai tujuan organisasi
4.      Tingkat pelaksanaan satuan tugas dalam organisasi sudah sesuai tujuan



BAB III
METODE PENELITIAN DAN ANALISIS

A.     Metode yang Digunakan
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, alasan pemilihan lebih mudah menyesuaikan apabila berhadapan dengan kenyataan dan lebih peka terhadap pengaruh dari pola nilai yang dihadapi
Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dipakai sebagai metode yang mampu menggambarkan fenomena sosial secara menyeluruh berawal dari sub-sub fenomena dan dalam kerangka induktif yaitu metode dimana melihat permasalahan penelitian dari hal yang bersifat kasus, yaitu kondisi obyek penelitian secara individual atau unit tersebut dipelajari sebagai kasus yang sedang memiliki masalah pada saat sekarang.  Perkembangan waktu, tenaga dan biaya mendasari penggunaan riset terpancang atau tunggal (embedded qualitative research) dimana peneliti telah membatasi penelitiannya pada aspek-aspek yang sudah terpilih (Sutopo, 1988;15)
B.     Fokus Penelitian
Untuk fokus penelitian ini adalah meneliti tingkat efektivitas organisasi Satuan Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) Kabupaten Kebumen.  Adapun efektivitas organisasi ini adalah keberhasilan organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) dalam menjalankan fungsinya sesuai tujuan yang direncanakan untuk melakukan penanggulangan bencana meliputi pencegahan sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana dan pasca bencana.
C.     Lokasi Penelitian dan Obyek Penelitian
Di lingkungan Kabupaten Kebumen, sedangkan obyek penelitian adalah organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen.
D.    Sasaran Penelitian
Sasaran penelitian adalah pihak-pihak yang berkaitan secara langsung dengan pelaksanaan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi yaitu :
1.      Anggota Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen
2.      Anggota unit operasional penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di tingkat kecamatan
3.      Anggota satuan perlindungan masyarakat penanggulangan bencana dan pengungsi desa rawan bencana
E.     Teknik Pengumpulan data
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan cara :
1.      Observasi
Observasi yaitu pengumpulan data dilakukan secara langsung pada obyek penelitian               
2.      Wawancara
Wawancara adalah melakukan tanya jawab dengan pihak-pihak yang terlibat pada kegiatan Satlak PBP Kabupaten Kebumen
3.      Studi Dokumentasi
Studi dokumentasi yaitu mengumpulkan data dan mencatat data atau dokumen yang dimiliki oleh instansi anggota Satlak PBP Kabupaten Kebumen
4.      Studi Kepustakaan
Studi kepustakaan yaitu memanfaatkan buku-buku, peraturan-peraturan guna penelusuran teori dan data sekunder yang relevan
F.      Teknik Pemilihan Informan
Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling yaitu peneliti cenderung memilih informan yang dianggap lebih tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang mantap dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang mantap dan mengetahui masalahnya secara mendalam (Sutopo, 1988 : 21 ).  Informan ditentukan atas dasar Criterion based, yaitu informan yang dipilih dapat menunjuk informan lain yang lebih tahu maka pilihan informan dapat berkembang sesuai dengan kemampuan peneliti dalam memperoleh data (Sutopo, 1988 : 21 )
Responden yang dijadikan informan berasal dari anggota Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi Kabupaten Kebumen, unit operasional kecamatan dan Satuan perlindungan masyarakat tingkat desa rawan bencana. Responden ini diambil dari yang berkaitan langsung menanganai kegiatan.


G.    Analisa Data
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis interaktif yang menurut Miles dan Huberman (1992, 16 : 20) yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data serta menarik kesimpulan dengan penjelasan sebagai berikut :
1.      Pengumpulan data, merupakan pencarian informasi baik dari data primer maupun sekunder
2.      Reduksi data, merupakan proses pemilihan pemusatan perhatian pada penyederhanaan dan pengabstrakan serta transformasi data yang ada dalam catatan-catatan di lapangan
3.      Sajian data, merupakan sekumpulan informasi yang memungkinkan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan berdasarkan atas pemahaman yang didapat dari penyajian data tersebut yang dilakukan secara sistematis, melalui gambar, skema jaringan kerja yang berkaitan dengan kegiatan atau tabel.  Semua itu dirancang untuk menyusun informasi secara teratur agar penelitian dan hasilnya mudah dilihat dan dimengerti.
4.      Menarik kesimpulan, merupakan proses mengartikan segala hal yang ditemui selama penelitian
Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar 3 berikut  



Gambar 3.  Analisis Interaktif
 






Sumber : Miles and Huberman (1992 : 20)
H.    Validitas Data
Ada beberapa cara dalam memperoleh data yang valid dalam penelitian kualitatif, antara lain Informant Review, Member Check, Triangulation (Sutopo, 1988 : 31 – 33) dengan penjelasan teknik-teknik tersebut pada intinya adalah informant review dilaksanakan dengan cara laporan penelitian di-review oleh informan guna mengetahui yang diteliti dapat disetujui.  Sedangkan Member Check adalah laporan yang diperiksa oleh kelompok peneliti lain agar mendapatkan pengertian yang tepat.  Adapun triangulasi menurut Patton (dalam Moleong, 1999. 178) adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembanding terhadap data itu.  Selanjutnya disebutkan juga bahwa menurut Patton (dalam Moleong, 1999. 178) Triangulation/triangulasi dibagi menjadi 4 jenis yaitu :
1.      Triangulasi sumber, adalah membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif
2.      Triangulasi metode, dengan menggunakan dua strategi pertama teknik pengumpulan data, kedua pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama
3.      Triangulasi peneliti, yaitu dengan memanfaatkan peneliti atau pengamat lainnya untuk keperluan pengecekan kembali derajat kepercayaan
4.      Triangulasi teori, yaitu melakukan penelitian tentang topik yang sama dengan datanya dianalisis dengan menggunakan beberapa perspektif teoritis yang berbeda
Dalam penelitian ini tidak akan digunakan semua jenis teknik triangulasi, melainkan hanya satu dan untuk menguji validitas data yang akan digunakan teknik triangulasi dengan menggunakan sumber, berarti membandingkan dan cek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif.
Adapun teknik pengujian validitas tersebut menurut Patton (dalam Moleong, 1999.33) sebagai berikut :
1.      Membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara
2.      Membandingkan apa yang dikatakan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan apa dikatakan secara pribadi
3.      Membandingkan apa yang dikatakan orang-orang tentang situasi penelitian dengan apa yang dihasilkan sepanjang waktu
4.      Membandingkan keadaan dan perspektif seorang dengan berbagai pendapat dan pendapat orang yang memiliki latar belakang berlainan
5.      Membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berlainan
Pada penelitian ini, tidak semua tahapan digunakan, hanya tahap 1 dan 5 yang akan digunakan yaitu tahap membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara serta isi dokumen, hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu,biaya dan tenaga.

















BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.     Deskripasi Hasil Penelitian

1.      Keadaan Geografi Kabupaten Kebumen
Kabupaten Kebumen terletak diantara 7º 22' - 7º 50' lintang selatan dan 109º 22' - 109º 50' bujur timur dan kurang lebih 1/3 berupa pegunungan di sebelah utara membujur dari barat ke timur, bagian tengah dan selatan kurang lebih 2/3 berupa dataran rendah yang subur dan pantai.
Kabupaten kebumen dibatasi oleh :
a.       Sebelah Utara      : Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara
b.      Sebelah Timur     : Kabupaten Purworejo
c.       Sebelah Selatan   : Samudera Indonesia
d.      Sebelah Barat      : Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas
2.      Luas Wilayah
Kabupaten Kebumen yang terletak pada jalur selatan Provinsi Jawa tengah dengan Luas 1.281.115 Km2 yang secara administratif  terdiri dari 26 kecamatan, 449 desa, dan 11 kelurahan, untuk jelasnya dapat dilihat pada tabel 10.









Tabel 10. Daftar Tabel Luas Wilayah Kecamatan dan Banyaknya Desa/Kelurahan tahun 2002
 Sumber : BPS Kebumen

3.      Topografi dan Iklim
Kabupaten Kebumen terletak pada ketinggian 6 – 28 m dari permukaan laut, termasuk pada lajur Pegunungan Serayu Selatan dan lajur lekukan tengah, yang mempunyai curah hujan rata-rata 3,615 mm/tahun.  Musim hujan di daerah Kebumen terjadi antara Bulan Nopember sampai Bulan April, sedangkan musim kemarau berlangsung dari Bulan Mei sampai dengan Bulan Oktober. Curah hujan tertinggi 599 mm terjadi selama Bulan Nopember.  Paling kering pada Bulan Agustus dengan curah hujan 0.6 mm.  Suhu rata-rata sekitar 26ºC tertinggi 33ºC dan terendah 18ºC. 
Pergantian musim kemarau dan musim penghujan sering tidak tepat, sehingga dapat menimbulkan permasalahan khususnya di bidang pertanian bahkan kemungkinan menimbulkan bencana.  Angin pada musim kemarau berhembus dari arah tenggara ke arah barat laut dengan kecapatan lemah sampai sedang, pada musim penghujan angin berhembus dari arah barat laut dengan kecepatan lemah sampai sedang  dan pada peralihan musim sering terjadi angin kencang yang kadang-kadang dapat menimbulkan kerusakan.
4.      Keadaan Demografi
Menurut data dari Kantor Biro Pusat Statistik Kabupaten Kebumen taun 2002 jumlah penduduk Kabupaten kebumen sebanyak 1.183.756 jiwa yang terdiri dari laki-laki 593.208 jiwa dan perempuan 590.548 jiwa dengan kepadatan rata-rata 1.027 jiwa/Km2.  untuk penjelasan bisa dilihat pada tabel 11.




Tabel 11.  Jumlah Penduduk dan Rata-Rata Penduduk



B.     Profil Organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) Kabupaten Kebumen.
1.      Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi
Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan pengungsi (SATLAK PBP) Kabupaten Kebumen adalah wadah organisasi non struktural yang berkedudukan di Kabupaten Kebumen, dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Kebumen nomor 360/1091/KEP/2001 tanggal 15 Nopember 2001.
Dalam pasal 4 Keputusan Bupati nomor 360/1091/KEP/2001 tersebut dijelaskan bahwa SATLAK PBP mempunyai tujuan untuk melaksanakan upaya penaggulangan bencana dan penanganan  pengungsi di wilayahnya sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (BAKORNAS PBP) dan Gubernur selaku Ketua Satuan Koordinasi Pelaksanaan Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (SATKORLAK PBP) yang meliputi tahap sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana dan sesudah terjadi (pasca) bencana, serta mencakup kegiatan pencegahan, penjinakan, penyelamatan, rehabilitasi dan rekonstruksi.
Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penangan Pengungsi Kabupaten Kebumen mempunyai fungsi :
a.        Melaksanakan Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi secara langsung di daerahnya dengan menggunakan aparat, sarana dan prasarana yang ada di wilayahnya
b.        Melakukan kerjasama Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi dengan pemerintah kabupaten yang terdekat
c.        Melakukan upaya pencegahan terjadinya bencana melalui peningkatan kewaspadaan masyarakat dengan kegiatan penyuluhan, pelatihan, gladi dan pembinaan
d.        Penerimaan dan penyaluran serta pertanggungjawaban bantuan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
e.        Kegiatan lain sesuai petunjuk gubernur selaku Ketua Satuan Koordinasi Pelaksanaan Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi atau dari Ketua Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi
2.        Struktur Organisasi
Struktur atau susunan Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen terdiri dari :
a.       Ketua : dijabat oleh Bupati Kebumen
Tugas Ketua adalah :
Melaksanakan upaya penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di wilayahnya sesuai kebijakan Satkorlak PBP Provinsi baik tahap sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana maupun sesudah terjadi bencana yang mencakup, penjinakan, penyelamatan, rehabilitasi dan rekonstruksi.
b.      Wakil Ketua I dijabat oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen dan Wakil Ketua II dijabat oleh Kepala Polisi Resort Kebumen, adapun tugas Wakil Ketua sebagai berikut :
1).    Mewakili ketua apabila ketua berhalangan
2).    Membantu ketua dalam upaya pengendalian dan pelaksanaan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
3).    Memberikan petunjuk pengarahan dan pembinaan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi baik perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
4).    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh ketua SATLAK PBP
c.       Pelaksana Harian dijabat oleh Wakil Bupati Kebumen  mempunyai tugas :
1).    Memberikan saran dan pertimbangan dalam menyusun dan merumuskan kebijaksanaan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi kepada ketua
2).    Melaksanakan tugas sehari-hari SATLAK PBP
3).    Merumuskan renana kerja SATLAK PBP
4).    Dalam keadaan biasa, tidak terjadi bencana , bertindak sebagai koordinator dan pengendalian terhadap kebijakan yang telah digariskan
5).    Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana dan peningkatan pengungsi
6).    Menyelenggarakan rapat-rapat
7).    Menerima,menyimpan,mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan SATLAK PBP
d.      Sekretaris dijabat oleh Sekretaris Daerah Kebumen, sekretaris I dijabat oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Sekretaris II dijabat oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Kebumen
Adapun tugas sekretaris adalah sebagai berikut :
1).    Melaksanakan tugas sehari-hari mengenai administrasi SATLAK PBP
2).    Menyelenggarakan pembinaan administrasi terhadap seluruh unsur dalam lingkungan SATLAK PBP
3).    Menyelenggarakan rapat-rapat dan pencatatan pelaksanaan dari hasil rapat
4).    Melaksanakan urusan ketatausahaan SATLAK PBP termasuk administrasi pelaksanaan penanggulangan bencana, baik personil  materiil maupun keuangan
e.       Dalam menjalankan tugasnya sekretaris dibantu oleh :
1).    Kepala Seksi Pengumpul Keterangan
2).    Kepala Seksi Operasi
3).    Kepala Seksi Administrasi dan Logistik
Adapun tugasnya masing-masing sebagai berikut :
1).    Kepala Seksi Pengumpul Keterangan mempunyai tugas :
a).    Mengadakan pengamatan terhadap kemungkinan terjadi bencana
b).    Merencanakan, mempersiapkan dan mengkoordinasi dalam penerangan tentang kemungkinan terjadinya bencana melalui media cetak, media elektronik maupun penerangan langsung kepada masyarakat
c).    Mendokumentasikan dan  mempublikasikan seluruh kegiatan  penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
d).    Memberikan saran-saran kepada sekretaris
e).    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pelaksana harian/sekretaris
2).    Kepala Seksi Operasi mempunyai tugas
a).    Merencanakan penggunaan potensi sumber daya manusia dan sarana prasarana guna mendukung operasi
b).    Merencanakan dan melaksanakan kegiatan bantuan operasi penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
c).           Menyusun dan mempersiapkan pola operasi penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
d).    Mmeberikan saran-saran kepada sekretaris
e).    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pelaksana harian/sekretaris
3).    Kepala Seksi Administrasi di logistik mempunyai tugas :
a).    Melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, urusan rumah tangga dan pelaporan
b).    Merencanakan anggaran pembiayaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan
c).           Menyusun kebutuhan bahan, peralatan dan sarana/prasarana
d).    Mengkoordinasikan pengadaan, penerapan dan penyuluhanbantuan sosial bagi korban bencana dan penanggulangan pengungsi
e).    Memberikan saran-saran kepada sekretaris
f).      Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pelaksana harian/sekretaris
f.        Anggota
Anggota terdiri dari kepala dinas/instansi, Kodim, Polres, organisasi kemasyarakatan, pengusaha, pramuka, PMI,dan lembaga lain yang terkait.
Anggota mempunyai tugas sebagai berikut :
1).    Membantu ketua dalam menyusun dan merumuskan kebijaksanaan pengkoordinasian dan pengendalian penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
2).    Memberikan bahan-bahan masukan kepada ketua hal-hal yang berkaitan dengan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
3).    Menghadiri setiap rapat yang diselenggarakan oleh Satlak PBP
4).    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh ketua
g.       Satuan Tugas /Satgas
Satuan tugas merupakan unsur pelaksana penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi yang terdiri dari instansi, dinas, organisasi sosial, kodim, kepolisian, pramuka, PMI, dan instansi terkait lainnya.
Satuan tugas terdiri dari :
1).    Satuan Tugas Penyuluhan
2).    Satuan Tugas Komunikasi
3).    Satuan Tugas Pertolongan dan Penyelamatan
4).    Satuan Tugas Kesehatan
5).    Satuan Tugas Sosial
6).    Satuan Tugas Keamanan Ketertiban
7).    Satuan Tugas Rehabilitasi dan Rekonstruksi
8).    Satuan Tugas Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue)
Masing-masing memiliki wewenang dan tugas antara lain :
1).    Satuan Tugas Penyuluhan
Tugasnya antara lain :
a).    Menyiapkan bahan-bahan penyuluhan kepada masyarakat tentang bencana, upaya pencegahan, cara menghindar, upaya memperkecil bencana, membina moril/mental bagi yang terkena bencana
b).    Menginformasikan kepada masyarakat kemungkinan terjadinya bencana, saat terjadi bencana dan sesudah terjadi bencana, serta informasi tempat penampungan dari daerah yang aman
2).    Satuan Tugas Komunikasi
Tugas :
a).    Informasi kemungkinan ada bencana/saat terjadi bencana
b).    Kelancaran komunikasi antar Satgas di lokasi bencana posko/sekretariat Satlak PBP kabupaten, posko PBP kecamatan, maupun SATKORLAK PBP Provinsi Jawa Tengah
3).    Satuan Tugas Pertolongan dan Penyelamatan
Tugas :
Melakukan upaya, kegiatan dan tindakan yang berkaitan dengan pertolongan dan penyelamatan akibat bencana
4).    Satuan Tugas Kesehatan
Tugas :
Melakukan upaya kegiatan dan tindakan yang berkaitan dengan kesehatan baik sebelum maupun sesudah terjadi bencana antara lain :
a).    Faktor gizi, kesehatan ibu dan anak korban bencana maupun pengungsi’Pencegahan dan penanggulangan terhadap penyakit menular dan penyakit yang timbul akibat bencana
b).    Mengawasi fasilitas sanitasi di lokasi bencana dan lokasi penampungan
5).    Satuan Tugas Sosial
Tugas antara lain :
a).    Penyiapan tanda-tanda darurat dan perlengkapannya
b).    Penyelenggaraan dapur umum
c).    Pemberian santunan anak yatim piatu
d).    Menangani masalah pengungsi dan masalah sosial lainnya
6).    Satuan Tugas Keamanan Ketertiban
Tugasnya antara lain :
a).    Melakukan upaya, kegiatan dan tindakan pengmanan di lokasi bencana, tempat pengungsian dan tempat lain demi tertibnya arus pengungsian dan arus lalu lintas lainnya
b).    Membantu dalam rehabilitasi dan rekonstruksi
7).    Satuan Tugas Rehabilitasi dan Rekonstruksi
Tugasnya antara lain :
a).    Perbaikan darurat akibat bencana
b).    Melaksanakan kegiatan yang menyangkut kepentingan umum (perbaikan sarana dan prasarana) baik waktu sebelum saat dan sesudah terjadi bencana
8).    Satuan Tugas Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue)
Tugasnya antara lain :
a).    Mempersiapkan personil dan sarana yang berkaitan dengan pencarian, pertolongan penyelamatan korban bencana
b).    Memberikan bantuan pencarian korban, memberikan data untuk menghindari/mengurangi penderitaan korban manusia dan harta benda akibat bencana
Adapun bagan struktural organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen sebagai berikut :
Ganbar 4.  Bagan Struktur Organisasi Satlak Penanggulangan
Bencana (Satlak PB) Kabupaten Kebumen
 



















Sumber : SK Bupati no. 360/1091/Kep/2001

h.       Unit Operasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi
Pengorganisasian tugas penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di tingkat kecamatan, camat mengkoordinasikan kegiatan organisasi struktural dan non struktural.yang ada di wilayahnya serta masyarakat dalam kegiatan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dari sebelum terjadi bencana, pada saat bencana dan sesudah bencana.
Untuk membantu camat dalam mengkoordinsikan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi (unit operasional PBP) dengan susunan keanggotaan sebagai berikut :
Ketua                        : Camat
Wakil Ketua I            : Danramil
Wakil Ketua II          : Kapolsek
Pelaksana                  : Kamawil Hansip atau pejabat yang menangani
hansip/linmas
Anggota                    : Institusi dan lembaga-lembaga kemasyarakatan
yang ada di wilayah kecamatan
1).      Tugas Unit operasional PBP kecamatan antara lain :
a).          Menyiapkan, mengerahkan dan mengendalikan potensi perlindungan masyarakat untuk penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi
b).          Melaporkan dan mengajukan permohonan bantuan kepada bupati selaku SATLAK PBP baik berupa bantuan teknis maupun bantuan lainnya sesai situasi dan kondisi maupun eskalasi bencana
2).    Fungsi
Untuk melaksanakan fungsi tersebut unit operasional PBP kecamatan mempunyai fungsi :
a).          Melakukan pencegahan dan menanggulangi dampak akibat bencana agar korban jiwa, kerugian material dapat dihindari
b).          Memelihara dan mempertinggi ketahanan rakyat di segala bidang untuk menghadapi segala kemungkinan gangguan/ancaman dari manapun datangnya dan dalam keadaan yang bagaimanapun
c).          Melaksanakan tindakan darurat penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan mengaktifkan unit operasional PBP dan menyampaikan laporan kejadian bencana dan tindakan yang telah diambil di wilayah kepada Bupati Kebumen
d).          Melaksanakan tugas penyelamatan, penjinakan dan rehabilitasi dengan menggerakkan kemampuan perangkat pemerintah yang ada, serta masyarakat sesuai petunjuk dari Satlak PBP
e).          Menjaga kelancaran dan kelanjutan roda pemerintahan, ketertiban dan keamanan pada umumnya baik jasmani maupun rohani untuk mempertinggi moril rakyat guna meningkatkan daya bela dan daya tahan rakyat
i.         Satuan Perlindungan Masyarakat Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (SATLINMAS PBP)
Pengorganisasian tugas penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di tingkat desa/kelurahan, kepala desa/kelurahan mengkoordinasikan, mengerahkan dan mengendalikan kegiatan masyarakat dalam penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dimulai dari sebelum terjadi bencana, pada saat terjadi bencana dan sesudah terjadi bencana.
Untuk membantu kepala desa/kelurahan dalam mengkoordinasikan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di wilayah dibentuk Satuan Perlindungan Masyarakat dan Penanganan Pengungsi (SATLINMAS PBP) yang terdiri dari :
1).    Regu Pengendalian Dini/Pemantau
2).    Regu PPPK
3).    Regu Tandu
4).    Regu Evakuasi
5).    Regu Dapur Umum
6).    Regu Caraka
7).    Regu Pencarian dan Penyelamatan (SAR)
8).    Regu Pioner
9).    Regu Pemadam kebakaran
10).      Regu Pengamanan

Satuan Linmas PBP desa/kelurahan mempunyai tugas :
1).    Menyusun potensi linmas dalam regu-regu pelaksana menurut kebutuhan desa/kelurahan yang siap dikerahkan sewaktu-waktu
2).    Menggerakkan potensi lnmas dalam penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi yang terjadi di desa/kelurahan baik sebelum terjadi bencana, pada saat terjadi bencana dan sesudah terjadi bencana

C.     Tahap Penanggulangan Bencana

a.       Tahap sebelum bencana
1).    Pencegahan
Tahap pencegahan merupakan salah satu usaha/tindakan yang perlu dijalankan pelaksanaannya, guna menghindari terjadinya bencana dan mengurangi resiko bencana
a).    Pembuatan peta daerah yang rawan bencana dan diberikan penjelasan kepada masyarakat agar lebih waspada.
b).    Masing-masing anggota Satlak PBP yang terdiri dari instansi/dinas agar memberikan petunjuk kepada instansi di tingkat bawahnya (kecamatan) dalam rangka mengurangi dan memperkecil resiko bencana.
c).    Pembuatan dan penempatan tanda-tanda peringatan; tanda-tanda bahaya dan tanda-tanda laranganmemasuki lokasi daerah rawan bencana.
d).    Menetapkan daerah alternatif untuk pengungsian.
e).    Memindahkan penduduk dari daerah rawan bencana ke daerah yang lebih aman.
f).      Pemberian penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar daerah rawan bencana tentang resiko ditimpa bencana dan penyuluhan pola tanam yang sesuai; upaya konservasi guna mencegah banjir.
2).    Kesiapsiagaan
Untuk memperkecil, mengurangi bahkan meniadakan timbulnya korban akibat bencana dilakukan kegiatan secara kontinyu oleh anggota Satlak PBP yang terdiri dari instansi/Dinas Pemerintah Kabupaten Kebumen antara lain :
a).    Penerangan dan penyuluhan
Unsur satuan tugas penyuluhan Satlak PBP Kabupaten Kebumen menyiapkan bahan penyuluhan untuk pelaksanaan di tingkat kecamatan (unit operasional penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi) serta kepada warga masyarakat tentang bencana, akibat yang ditimbulkan dan dampaknya terhadap kehidupan maupun pembangunan serta ketentuan-ketentuan bagi mereka yang mendiami daerah rawan bencana, bagaimana cara menghindari bila terjadi bencana guna memperkecil resiko, bahaya, korban serta kerugian.
b).    Penyiapan peralatan/perlengkapan dan pelatihan bagi personil Satlak PBP Kabupaten Kebumen dengan satuan tugas untuk menginventarisir daftar perlengkapan yang dapat dikerahkan dalam waktu singkat guna pertolongan maupun penanggulangan bencana.
Semua dinas/instansi selaku anggota Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengirimkan daftar perlengkapan yang dimiliki kepada Satlak PBP Kabupaten Kebumen untuk diinventarisir di sekretariat Satlak PBP sebagai Posko (pos komando) yang bertanggung jawab pengerahannya.
Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Kebumen menentukan pelaksanaannya, pengerahannya dan menyiapkan dukungan untuk petugas yang mengoperasikan baik untuk latihan ketrampilan maupun pelaksanaan penanggulangan bencana.
Latihan dapat dilakukan oleh masing-masing dinas/instansi anggota Satlak PBP sedangkan pelatihan penanggulangan bencana terpusat di Kabupaten kebumen diselenggarakan di Kantor Kesatuan bangsa dan Perlindungan Masyarakat.
c).    Monitoring dan evaluasi
Masing-masing kecamatan seluruh jajaran unit operasional Satlak PBP kecamatan selalu memonitor setiap kerawanan bencana di wilayah masing-masing dan melaporkan kepada Bupati Kebumen selaku ketua Satlak PBP Kabupaten kebumen, yang selanjutnya meneruskan laporan tersebut kepada Gubernur Jawa Tengah selaku ketua Satkorlak PBP Jawa Tengah.  Dalam keadaan kesiapsiagaan posko PBP yang berada di Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Kebumen secara bergilir dijaga oleh personel dari dinas/instansi anggota Satlak PBP yang dikordinasi oleh Sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen.
b.      Tahap saat terjadi bencana
Penanganan saat terjadi bencana meliputi :
1).    Peringatan dini
a).    Informasi peringatan dini tentang adanya bencana berasal dari masyarakat. Posko PBP desa, Posko PBP kecamatan yang segera melaporkan ke posko Satlak PBP kabupaten Kebumen/sekretariat Satlak PBP.
b).    Informasi peringatan dini ini juga diberikan oleh pos-pos pengamat untuk bencana banjir, kebakaran antara lain :
                                                      b.1)      Pos pengamat banjir yang dibentuk dan dibina oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sub Din Pengairan Kebumen untuk mendeteksi, mencegah dan menanggulangi kemungkinan terjadinya banjir.
                                                      b.2)      Pos pengamat hutan dibentuk dan dibina oleh Kantor Departemen Kehutanan Kabupaten Kebumen yang bertugas untuk mendeteksi kemungkinan terjadi kebakaran dan kerusakan hutan.
c).    Satlak PBP Kabupaten Kebumen setelah menerima laporan dan informasi dari Posko PBP desa, Posko PBP kecamatan/pos-pos pengamat, berkewajiban segera memberitahukan peringatan dini tersebut kepada masyarakat untuk secepatnya menghindari kemungkinan terjadinya bencana, dengan melalui siaran radio pemerintah daerah maupun radio swasta, sentral komunikasi (Senkom) Pemerintah Daerah, Orari, Rapi, kemudian informasi diteruskan pada dinas/instansi anggota Satlak PBP agar memberikan petunjuk/arahan pada dinas/instansi di bawahnya secara cepat dan tepat dalam menangani bencana.
2).    Pencatatan awal kejadian
a).    Melalui satuan tugas, Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengadakan pencatatan awal kejadian bencana.  Pencatatan awal situasi dan kebutuhan awal guna mengetahui kegentingan bencana sehingga dapat secara cepat untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.
b).    Pencatatan awal tersebut sangat diperlukan guna menentukan :
                                                      b.1)      Jenis bantuan yang dibutuhkan, sesuai dengan kebutuhan korban
                                                      b.2)      Jumlah korban yang meninggal, luka berat dan luka ringan
                                                      b.3)      Kerusakan-krusakan bangunan, pertanian, peternakan, luas areal yang tertimpa bencana
                                                      b.4)      Jumlah penduduk yang diungsikan, dengan kalsifikasi anak-anak, wanita orang tua/jompo, dal lain-lain
                                                      b.5)      Penyediaan obat-obatan, makan, minum, kebutuhan air, MCK dan lain-lain
                                                      b.6)      Kebutuhan sarana transportasi yang diperlukan
3).    Tindakan darurat
a).    Sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen
Sekretariat Satlak PBP membuka dan mengaktifkan posko bencana alam, anggota Satlak PBP dari dinas/instansi siap di posko guna mengikuti perkembangan semua kejadian dari lokasi bencana.
Pada saat keadaan darurat, ketua Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengambil alih komando posko PBP, semua laporan dari unit operasional PBP kecamatan dan segala unsur harus ke posko PBP Kabupaten Kebumen guna memudahkan pengawasan, pengendalian dan pengevaluasian.
b).    Pengerahan
Semua satuan tugas (satgas) segera menyiapkan dan mengerahkan segala keperluan yang dibutuhkan di lokasi bencana sesuai permintaan dari posko PBP desa/kelurahan maupun kecamatan.  Ketua Satlak PBP Kabupaten Kebumen memerintahkan satgas yang terkait dibantu satgas yang lain mengirimkan bantuan yang diminta baik bahan makanan, obat-obatan maupun tenaga ke lokasi bencana/posko PBP.
Semua bantuan dari mana saja dikoordinasikan dan dilaporkan ke Satlak PBP Kabupaten Kebumen, sehingga semua bantuan yang diberikan kepada korban bencana dicatat di posko PBP/sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen.
c).    Pencarian dan penyelamatan
Apabila bencana membawa korban jiwa dan perlu dilakukan pencarian dan penyelamatan atau permintaan bantuan dari desa maupun kecamatan maka Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengirimkan satgas yang terkait untuk ke lokasi bencana.
d).    Perawatan dan pelayanan kesehatan
Satuan tugas kesehatan mengkoordinir personilnya untuk mempersiapkan peralatan, obat-obatan serta keperluan lain menuju lokasi bencana.
e).    Pelayanan bantuan darurat
Satuan tugas bantuan sosial menyiapkan sarana perlengkapan maupun keperluan sesuai permintaan dari camat lokasi bencana seperti pakaian, bahan makanan dan lain-lain untuk segera dikirim ke lokasi bencana.



4).    Tahap sesudah kejadian bencana
a).    Rehabilitasi
Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengkoordinir upaya rehabilitasi sesuai permintaan dari camat maupun kepala desa lokasi bencana dan instansi/dinas yang terkait membantu sesuai bidangnya masing-masing setelah mendapat persetujuan dari Bupati/Ketua Satlak PBP Kabupaten kebumen.
b).    Rekonstruksi
Dilaksanakan setelah purna bencana oleh semua anggota Satlak PBP/instansi/dinas di Kabupaten Kebumen.  Secara fungsional semua kegiatan dalam rekonstruksi di lokasi bencana dilaporkan kepada bupati/Ketua Satlak PBP Kabupaten Kebumen tentang kemajuan dan hambatan yang dijumpai sehingga dapat mengambil langkah-langkah penyempurnaan. Selanjutnya bupati/ketua Satlak PBP Kabupaten Kebumen melaporkan kepada Ketua Satkorlak PBP Provinsi Jawa Tengah.

D.    Perlengkapan, Biaya dan Pelatihan

1.      Perlengkapan
Untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen hingga tahun 2003 sejumlah fasilitas kerja yang ditempatkan pada masing-masing instansi anggota Satlak untuk memelihara yang sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dioperasionalkan.  Adapun sarana jumlah perlengkapan sebagaimana tabel berikut ini
Tabel 12. Data Alat/perlengkapan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kebumen 2003
No
Nama Barang
Jumlah
Instansi Penanggung Jawab
Ket
1
Mobil pemadam kebakaran
3
DPU

2
Mobil tangki air
4
PDAM

3
Perahu karet
5
Kesbang Linmas dan PMI

4
Alat komunikasi
41
Kesbang Linmas
RIC : 29
5
Pelampung
16
Kesbang Linmas
HT : 12
6
Dayung
8
Kesbang Linmas

7
Alat masak
2
PMI

8
Alat berat (bego)
1
DPU

9
Tali (luncur, penyebrang, mantel)
3 rol
Kesbang Linmas

10
Tali (togel, selingkar)
20
Kesbang Linmas

11
Cincin kait
20
Kesbang Linmas

12
Desender
20
Kesbang Linmas

13
Sarung tangan
20
Kesbang Linmas

Sumber : Sektretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen
Kecuali alat perlengkapan tersebut setiap kegiatan yang berkaitan dengan Satlak PBP mendapat bantuan komunikasi dari RAPI, ORARI maupun sarana komunikasi institusi yang lain
2.      Pembiayaan
Anggota Satuan Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen dalam melaksanakan tugas dan fungsinya mendapatkan dukungan pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dimana anggota tersebut digunakan untuk pemberian bantuan kepada korban bencana seperti pada tabel berikut


Tabel 13. Data Dana Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Kebumen
No
Tahun
Besarnya Dana (Rp)
Untuk bantuan
Air bersih (Rp)
Bencana Alam (Rp)
Kemasyara katan (Rp)
Operasional (Rp)
ket
1
2002
40.000.000
30.000.000
10.000.000
-


2
2003
140.715.000
45.000.000
45.715.000
50.000.000
-

3
2004
150.000.000
45.000.000
93.580.000
-
11.420.000

 Sumber : Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen
3.      Pelatihan
Pelatihan dalam rangka untuk menanggulangi bencana baik bencana alam ataupun bencana yang menimbulkan korban dan kerugian baik harta maupun jiwatelah diantisipasi oleh Satlak PBP maupun Kabupaten Kebumen dengan mengadakan pelatihan baik yang diselenggarakan di Kabupaten Kebumen maupun yang dikirim ke tingkat propinsi.  Data jumlah peserta pelatihan sebagaimana tabel 14
Tabel 14. Jumlah Peserta Pelatihan Dalam Rangka Penanggulangan   Bencana Tahun 2003
No
Nama Pelatihan
Banyaknya Peserta
Keterangan
1
Pelatihan penyelamatan di air
107

2
Latihan dasar linmas
140

3
Kursus kader pelaksana linmas
140

4
Latihan pemadam kebakaran
14

5
Pelatihan manajemen penanggulangan bencana
105

6
Pelatihan SAR
10
Prop Jateng
7
Pelatihan tim kaji bencana
9
Prop Jateng
Sumber : Sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen

E.     Analisis dan Interpretasi Data

Pada bab ini akan dianalisa dan diinterprestasikan secara kualitatif berdasarkan pengamatan, wawancara ketika kuesioner diisi oleh informan kunci, yaitu ketua, sekretaris, anggota dan Sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen. Data dari informan /responden yang diambil melalui wawancara yang mendalam kemudian dikelompokkan, diedit seperlunya dan jawaban-jawaban direduksi, diringkas dan disajikan.  Selajutnya untuk mengetahui efektivitas organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen dapat dijelaskan secara deskriptif.  Pengukuran efektivitas organisasi Satlak PBP Kabupaten kebumen dilaksanakan sesuai dengan rumusan serta indicator pada konsep yang telah dibahas pada kerangka teori dan dilihat secara nyata pada sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen dan output yang telah dihasilkan sesuai tugas pokok dan fungsi Satlak PBP sebagai lembaga non stuktural yang melaksanakan upaya penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi. Hasil analisis terhadap efektivitas Satlak PBP berdasarkan ukuran-ukuran dalam enelitian ini.

1.      Tingkat pengetahuan anggota terhadap tujuan organisasi
Seperti diketahui bahwa tujuan organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen yang dalam melaksanakan fungsinya adalah untuk melaksanakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi kerja sama dengan kabupaten terdekat dalam penanggulangan bencana, penerimaan dan penyaluran bantuan serta pertanggungjawabannya.
Dari para responden menjawab bahwa mereka pada umunya mengetahui lewat pertemuan kondisi dan membaca secara sekilas pada surat keputusan Bupati yang mereka terima.  Hal ini seperti diungkapkan salah satu responden Bapak Khosim Kepala Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung selaku Ketua Satuan Perlindungan Masyarakat Desa Wadasmalang;
“Bahwa organisasi Satlak PBP adalah organisasi untuk menanggulangi dan menolong bila terjadi bencana.  Saya tahu pada saat mengikuti konperensi dinas kepala desa di kecamatan yang waktu itu dijelaskan oleh petugas darikabupaten Kebumen”

kemudian hasil wawancara dengan bapak H Sugiman, SIP Pengurus Palang Merah Indonesia Cabang Kebumen selaku anggota Satlak PBP Kabupaten Kebumen
“Setahu saya organisasi Satlak PBP telah dibentuk sudah lama. Dulu nama organisasi ini Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan bertugas untuk melakukan pencegahan kemungkinant erjadinya bencana”

2.      Tingkat pemahaman anggota terhadap tujuan organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen
Dari hasil wawancara dengan responden bahwa tujuan organisasi Satlak PBP secara harfiah sudah dipahami baik yang tercantum pada Keputusan Bupati Kebumen No. 360/1091/KEP/2001 tanggal 5 Desember 2001 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Kabupaten Kebumen dan Keputusan Bupati Kebumen No. 360/1197/KEP/2001 tanggal 20 Nopember 2001 tentang prosedur tetap penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di Kabupaten Kebumen.
Pemahaman ini kecuali digunakan sebagai pedoman guna melaksanakan tugas organisasi Satlak PBP yang sewaktu-waktu harus digunakan.
Hasil wawancara dengan Bapak H Chusaini S.Sos Kepala bagian Kesejahteraan Rakyar Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen selaku anggota Satlak PBP menyatakan bahwa ;
“Organisasi akan berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan bila tugas dan fungsinya dilakukan seperti yang tertuang pada keputusan bupati tentang penanggulangan bencana dan prosedur tetap yang digunakan sehingga selaku aparat dan anggota Satlak PBP keputusan tersebut kecuali dipakai juga dijadikan acuan di dalam pelaksanaan tugas, apalagi sewaktu-waktu dapat saja terjadi bencana alam seperti tahun yang lalu”

Selanjutnya hasil wawancana dengan bapak Subagyo, SPd Kepal Dinas Pertanian Kabupaten Kebumen selaku anggota Satlak PBP mengatakan bahwa ;
“Tujuan organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen telah diketahui dan dipahami baik pada saat rapat koordinasi maupun yang tercantum pada keputusan bupati dan itu sudah saya gunakan untuk pedoman tugas sesuai kewenangan Dinas Pertanian juga yang berkaitan dengan penanganan bencana maupun pencegahan bencana alam khususnya yang menimpa lahan pertanian”





3.      Tingkat upaya anggota untuk mencapai tujuan
Tujuan yang dilakukan anggota Satlak PBP maupun yang dilakukan staf secretariat PBP Kabupaten Kebumen telah berupaya di dalam melaksanakan tugas dan fungsi guna mencapai tujuan organisasi dengan mempersiapkan sarana-sarana yang diperlukan, personil yang handal yang sewaktu-waktu terjadi bencana telah siap.
Hasil wawancara dengan Bapak KH Nasirrudin Al Mansyur Wakil Bupati Kebumen selaku Ketua Pelaksana Harian Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengatakan bahwa ;
“Sosialisasi dan koordinasi Satlak PBP termasuk dengan instansi (anggota Satlak ) yang terkait untuk stand by di tempat/Posko PBP guna antisipasi serta prediksi kemungkinan terjadi bencana, sehingga posisi selalu siap siaga”

Selanjutnya hasil wawancara dengan Ibu Fauziah Sri Purwani, Kepala Seksi Pengumpulan dan Keterangan Sekretariat Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengatakan bahwa ;
“Dalam mengantisipasi bilamana sewaktu-waktu terjadi bencana khususnya bencana banjir, tanah longsor, upaya yang dilakukan di Sekretariat Satlak PBP yang juga sebagai Posko bencana alam dilengkapi dengan sarana alat komunikasi, alat penyelamaan dan petugas yang selalu di posko secara bergiliran serta bantuan logistik yang diperlukan sewaktu-waktu”

4.      Tingkat pelaksanaan tugas anggota organisasi sudah sesuai dengan tujuan organisasi
Berpedoman pada prosedur tetap yang telah dituangkan dalam Keputusan Bupati Kebumen telah dilaksanakan, namun demikian belum secara optimal, khususnya pada laporan awal karena alat komunikasi yang tersedia belum mampu menjangkau seluruh wilayah desa yang rawan bencana, namun demikian penanganan bencana tetap dilakukan sehingga meminimalkan kerugian maupun korban.  Seperti dikemukakan Bapak Drs. H. Mahar Mugiyono selaku sSekretaris Satlak PBP Kabupaten Kebumen ;
“Prosedur tetap untuk penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi sudah dilaksanakan hanya belum optimal, karena kegiatan yang ditangani bersifat insidentil dan bila terjadi bencana secara mendadak, namun demikian Satlak PBP Kabupaten Kebumen harus cepat bertindak agar tidak terjadi korban maupun kerugian yang lebih besar”

demikian juga yang disampaikan oleh Bapak KH Nasirrudin Al Mansyur Wakil Bupati Kebumen selaku Ketua Pelaksana Harian Satlak PBP Kabupaten Kebumen mengatakan bahwa ;
“Bila terjadi bencana mendadak, keputusan yang diambil adalah segera mengirim anggota Satlak untuk langsung terjun ke lokasi guna mengambil langkah-langkah yang diperlukan, utamanya penyelamatan dan bantuan logistik serta ketua pelaksana harian langsung menuju lokasi”

Selanjutnya disampaikan oleh Bapak Sumarno, S.Sos Camat Puring selaku Ketua Unit Operasional PBP bahwa ;
“Saat terjadi bencana banjir maka prioritas utama adalah menyelamatkan warga yang tetimpa musibah dan segera melaporkan, namun demikian sarana komunikasi dari desa ke kecamatan masih terbatas sehingga laporan tidak bisa cepat karena jalan terhalang banjir”

Dari hasil wawancara dan jawaban para informan tersebut bahwa mereka telah mengetahui tujuan organisasi baik lewat rapat atau membaca surat keputusan bupati yang dikirim ke instansi masing-masing. Demikian juga pemahaman tentang tujuan organisasi yang tertuang pada Keputusan Bupati Kebumen telah dijadikan acuan untuk kegiatan dalam mencapai tujuan.  Informan juga telah melihat upaya guna mencapai tujuan organisasi Satlak PBP, dengan kesiapsiagaan, baik personil maupun sarana yang sewaktu-waktu terjadi bencana bisa digunakan.  Demikian juga pada tingkat pelaksanaan walaupun belum dapat optimal karena terbatasnya sarana komunikasi tetapi bila menerima laporan segera ditindaklanjuti dengan terjun ke lokasi bencana dan langsung menangani dengan meminimalkan kerugian dan korban manusia






BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

1. Organisasi
Organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen dibentuk dengan struktur, tugas pokok dan fungsi dengan landasan Keputusan Bupati Kebumen No.360/1091/KEP/2001 tanggal 15 oktober 2001, dengan dibentuknya organisasi dan tata kerja Satuan Pelaksana Penanggulangan bencana dan Penanganan Pengungsi di Kabupaten Kebumen kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Bupati Kebumen No. 360/1197/KEP/2001 tanggal 20 november 2001 tentang prosedur tetap penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di Kabupaten Kebumen. Prosedur yang telah ditetapkan dalam penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi ini dijadikan pedoman bagi masing-masing institusi ataulembaga selaku anggota satlak PBP, sehingga mempunyai persepsi yang sama dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana baik sebelum, saat terjadi bencana sampai dengan pasca bencana.  Dengan prosedur ini masing-masing instansi/lembaga secara terpadu dan kerjasama yang baik di dalam penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi serta adanya kesiapsiagaan yang tinggi dan kecepatan bertindak dalam mengantisipasi bencana di Kabupaten Kebumen, namun demikian pada saat terjadi bencana, utamanya bencana tanah longsor yang mendadak masih terasa belum optimal dari anggota Satlak maupun Unit Operasional PBP Kecamatan dan Satlinmas desa untuk bertindak melaporkan dengan segera ke Kabupaten.
2. Efektifitas
Hasil analisis dan interprestasi di temukan bahwa efektivitas organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi di Kabupaten Kebumen dengan pendekatan tujuan organisasi telah cukup efektif berhasil dengan langkah-langkah yang telah ditempuh oleh organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi di Kabupaten Kebumen, sehingga tujuan organisasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satlak PBP) di Kabupaten Kebumen dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan tercapai tujuan yang telah direncanakan.

Saran

Hasil penelitian bahwa efektivitas organisasi Satlak PBP Kabupaten Kebumen walaupun telah berhasil di dalam mencapai tujuan organisasi sesuai dengan tugas dan fungsinya seperti yang tertuang pada Keputusan Bupati Kebumen no 360/1197/KEP/2001 tentang prosedur tetap penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi di Kabupaten Kebumen, namum perlu disampaikan saran-saran sebagai berikut :
1.      Perlu penambahan alat komunikasi, utamanya di desa yang rawan bencana
2.      Perlunya pelatihan aparat guna peningkatan ketrampilan dan pelaporan cepat sehingga bisa mengurangi kerugian maupun korban lebih besar
3.      Perlu koordinasi secara berkala guna mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana





















DAFTAR PUSTAKA



Arikunto Sukarsini, 1983. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, PT. Bina Aksara.

Atmosudirjo, Prajudi, 1982. Administrasi dan Manajemen Umum, Ghalia Indonesia.

Briyant, Coralie, White Louise.G, 1987.  Manajemen Pembangunan untuk Negara Berkembang, P3ES, Jakarta.

Bryson John. M, 2001.  Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Eaton, Joseph W, 1972. Institute Building and Development from Concept Duplication, Sase Publication, Beverly Hills, California.

Gibson, James L, John M, Ivancevich dan James H Donnelly Jr, 1996. Organisasi Perilaku Struktur Proses (alih bahasa : Nunuk Adiarni), Bina Raya Aksara, Jakarta.

Handayaningrat, Soewarno, 1980. Pengantar Studi dan Manajemen, CV. Haji Mas Agung, Jakarta.

Koetamsi, 1997. Manajemen Pelayanan Masyarakat, Diklat Propinsi Jawa Tengah.

Moleong, Lexy J, 1999.  Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Milles, Huberman, 1992. Analisis Data Kolektif (alih bahasa: Tjetep Rohendi), Universitas Indonesia Pers, Jakarta

Pamudji, S, 1984.  Praktek Organisasi dan Metode, ( O dan M ), Jakarta, Ghalia Indonesia.

Robbins, Stephen P, 1994.  Teori Organisasi (alih bahasa : Jusuf Udaya, Lic, ec), Arcan, Jakarta.

Siagian, P. Sondang, 2001. Administrasi Pembangunan Konsep, Dimensi dan Strateginya, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 1989.  Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta.
Soedarmo, H, 1997. Hubungan Kerja dan Koordinasi, Diklat Propinsi Jawa Tengah.

Steer, Richard M, 1985.  Effektivitas Organisasi, Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2001.  Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Sumidjo Wahjo, 1987.  Kepemimpinan dan Motivasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Suprayitno, 2003.  Pemberdayaan Kemasyarakatan dalam Penanggulangan Bencana, Berdaya 56-57, Ditjen PMD Departemen Dalam Negeri, Jakarta.
                 
Sutarto, 1998. Dasar-dasar Organisasi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

_____, 1998. Dasar-dasar Kepemimpinan Administrasi Publik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Syafiie, Kencana, Tanjung. D, Modeong Supardan, 1999. Ilmu Administrasi Publik, PT. Rieke Cipta, Jakarta.

Tambunan, Emil, H, 1991. Kunci Menuju Sukses dalam Manajemen dan Kepemimpinan, Indonesia Publishing House, Bandung, 1991.

Thoha, Miftah, 1983.  Perilaku Organisasi, Rajawali Press, Jakarta.

Tjokrowinoto, Moeljarto, 2001.  Pembangunan Dilema dan Tantangan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Tjokroamidjojo, Bintoro, 1986.  Teori Pembangunan Nasional, Gunung Agung, Jakarta

Zauhar, Soesito, 1996.  Reformasi Administrasi, Bumi Aksara, Jakarta

Sumber Lain :

1.      Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2000, Sekretariat Negara Jakarta, 2000.

2.      Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 1989, Depdagri, Jakarta,1989.

3.      Keputusan Gubernur Jawa Tengah No 360/04/1996, Biro Hukum Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Tengah, 1996.

4.      Kebijakan Penanggulangan Bencana, Sekretariat Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, 1999.

5.      Keputusan Sekretaris Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Nomor 2 Tahun 2001, Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta, 2001.

6.      Keputusan Bupati Kebumen Nomor 360/1091/KEP/2001, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, 2001.

7.      Keputusan Bupati Kebumen Nomor 360/1197/KEP/2001 Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen 2001

8.      Kebumen Dalam Angka, BAPPEDA dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Kebumen 2003



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar